Sabtu, 25 Juli 2009

Rumus Sakti Membuat Blog Terindex Google Kurang Dari 10 Menit

Terkadang membuat blog/website kita terindex Google adalah pekerjaan yang memusingkan jika kita belum tahu caranya. Menurut pengalaman saya ada satu hal yang harus dihindari saat mendaftarkan website/blog kita ke Google. Kebanyakan orang menyarankan untuk mendaftar langsung lewat link http://www.google.com/addurl.html. Dengan melakukan submit secara langsung maka kemungkinan butuh waktu berhari-hari bagi website/blog anda untuk terindex. Bahkan ada kemungkinan website/blog anda gagal terindex oleh Google dan mengharuskan anda untuk mengulanginya lagi. Namun ada cara lain yang sudah saya buktikan sendiri mampu membuat blog saya terindex kurang dari 10 menit. Saya menggunakan fasilitas Google Webmasters Tools. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menggunakan Google Webmasters Tools.
  • Login ke acount Google Anda. Jika anda sudah punya acount email dari Google silakan login terlebih dahulu. Jika anda belum punya email maka buatlah sebuah acount email dari Google melalui http://gmail.com.
  • Buka web browser dan ketikkan alamat http://www.google.com/webmasters/tools. URL tersebut digunakan untuk masuk ke Google Webmasters Tools.
  • Klik link "Add a site". Link ini digunakan untuk mendaftarkan website/blog baru anda agar terindex di Google.
  • Ketikkan alamat website/blog secara lengkap. Misal: http://domainanda.com, lalu klik "Continue" untuk melanjutkan pendaftaran.
  • Copy dan paste code verifikasi ke dalam halaman index website/blog anda.
  • Masukkan code tersebut diantara tag <head> dan sebelum tag <body>. Seperti terlihat gambar dibawah ini.
    <head>
    <meta name="verify-v1" content="eiGYgdHGhdfhjhghdFFdffDFdhghH5f=" />
    </head>
    <body>

    Untuk anda pengguna Blogger/Blogspot silakan masukan code verifikasi dibagian "Edit Template". Seperti terlihat gambar dibawah ini.
  • Klik "Verify" untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  • Langkah berikutnya adalah mendaftarkan "sitemap" website/blog anda. Sitemap atau "peta situs" diperlukan agar Google bisa mengindex semua postingan yang ada di blog atau website anda.
  • Klik "Submit a sitemap".
  • Ketikkan alamat sitemap website/blog anda. Untuk pengguna blogger/blogspot biasanya sudah tersedia alamat sitemapnya yaitu "http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml".
  • Jika berhasil maka akan muncul gambar berikut.
  • Langkah terakhir adalah melakukan pengecekan di Google.. Buka alamat google "google.co.id" lalu ketikkan keyword "site:http://namawebsiteanda.com".
Langkah mendaftarkan website anda ke Google Webmaster Tools harus dilanjutkan dengan membangun backlink yang sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan tempat yang utama di halaman pencarian Google. Cara membangun backlink sudah tersedia dalam postingan sebelumnya "SEO Optimization". Dengan melakukan langkah yang benar maka website/blog anda akan segera terindex di Google dan tentu saja akan membuat blog anda ramai dikunjungi netter.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih tipsnya bos..

kumpul artikel mengatakan...

kebetulan saya perlu banget neh info tentang seo. masih awam soal blogging....salam kenal mas

AndriWiyasa.com mengatakan...

Membaca yang kesekian kalinya nich. Boleh bertanya? Bagaimana kita bisa memiliki sitemap? Untuk submit ke sitemap, dari mana?

Terimakasih.

alcore mengatakan...

tapi sekarang daftar gmmail susah tuh huh

Bali Nature Adventure mengatakan...

bagus artikelnya sangat membantu.sekalian promosi web kami aja ya >>>>..... kalau mau have fun in bali visit us http://www.balinatureadventure.com

Anonim mengatakan...

jazakallah atas tipsnya.

ciri-ciri kanker mengatakan...

sepertinya blog baru saya ini harus saya coba ini....

Read More mengatakan...

tapi sekarang daftar gmail susah tuh huh

info bisnis hot mengatakan...

makasih tipsnya

liez florist mengatakan...

Mantep, langsung dicoba

ptk Matematika mengatakan...

Bisa langsung dicoba nih. Makasih ya tipsnya

baca disini saja mengatakan...

terimakasih ya, nanti saya coba bila mau buat blog baru!

septic tank mengatakan...

terimakasih tips y gan ....,

biotechindonesia mengatakan...

thx for posting ...

mantap dan bermanfaat ....

langsung tkp cob ...

stpbiotech mengatakan...

happy blogging ...

Posting Komentar

Buku Tamu