Minggu, 09 Agustus 2009

Tips SEO Optimization dengan Web Domain

SEO OptimizationTeringat ketika pertama memulai blogging saya sempat kebingungan memilih nama subdomain blogspot untuk blog saya ini. Setelah mencoba banyak nama yang komersil dan ternyata sudah dipakai orang lain akhirnya saya menemukan sebuah nama unik dan menarik yaitu "bisnismaia.blogspot.com". Saya berharap nama domain ini akan membranding blog saya sehingga orang ketika orang melihat blog saya mereka akan mengingat blog ini berkaitan erat dengan bisnis maya atau istilah lainnya internet marketing. Cara memilih domain yang tepat sangat bergantung dengan jenis bisnis anda. Selain itu ada juga faktor SEO optimization yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan web domain. Inilah tips memilih web domain untuk keperluan SEO optimization.
  • Pertama anda harus menemukan keyword yang tepat sesuai dengan bisnis anda. Untuk memilih keyword yang tepat pergunakan KeywordToolExternal. Fasilitas ini disediakan Google dan gratis.
  • Pilih nama domain dengan akhiran "dot com". Domain dengan extensi dot com paling umum digunakan dan mudah untuk diingat.
  • Setelah mendapatkan keyword yang tepat kemudian rancang nama domain anda sesuai dengan keyword tersebut. Misal keyword yang anda incar "internet marketing" maka domain anda seharusnya "internetmarketing.com". Tapi tentu saja hal itu sulit karena biasanya nama yang komersil sudah diburu banyak orang. Tipsnya adalah dengan menambahkan sebuah kata sehingga membentuk sebuah frase misal "belajarinternetmarketing.com" atau "tutorialinternetmarketing.com" dan yang sejenisnya. Perlu diingat jika anda bisa menemukan sebuah nama domain yang terdiri dari satu atau dua kata lebih baik. Maksimal terdiri dari tiga kata karena orang akan sulit untuk mengingat nama domain yang terlalu panjang.
  • Jangan menggunakan tanda penghubung dan angka. Nama domain anda sebaiknya terdiri dari huruf saja bukan gabungan huruf dan angka karena sulit untuk diingat. Anda harus menghindari penamaan seperti "internet-marketing.com", "internet_marketing.com", "internetmarketing99.com".
  • Pakailah subdomian yang tepat. Jika anda sudah mempunyai nama domain sendiri anda bisa menggunakan sub domain untuk membuat alamat domain baru. Misal nama domain anda adalah "domainanda.com" maka jika anda bisa membuat nama subdomain yang sesuai dengan keyword yang anda incar seperti "bisnis.domainanda.com" atau "blog.domainanda.com". Maksimal subdomain terdiri dari dua kata sehingga nama domain anda tidak terlalu panjang. Anda bisa juga melakukannya pada blog gratisan seperti blogspot, wordpress, dsb yang memang menyediakan nama subdomain.
Untuk anda yang baru mengenal bisnis internet dan berkeinginan memiliki website sendiri baik untuk keperluan blogging ataupun bagi anda yang sedang menggeluti bisnis reseller dan ingin membuat website reseller. Tentu saja pemilihan nama domain yang tepat adalah faktor yang cukup penting. Apalagi jika anda ingin bersaing mendatangkan pengunjung dari search engine. Tapi jika anda memang sudah sreg dengan nama domain anda sendiri meskipun tidak sesuai dengan keyword yang anda targetkan. Hal itu tetap tidak menjadi masalah karena anda masih bisa melakukan SEO Optimization dengan cara lain.

4 komentar:

Muhammad Taufiq mengatakan...

Maksih gan infoanya, daomain ana sudah terlanjur pake tanda penghubung strip, sebaba yang tanpa strip sdudah ada yang punya

travel haji plus mengatakan...

Maksih gan infoanya, daomain ana sudah terlanjur pake tanda penghubung strip, sebaba yang tanpa strip sudah ada yang punya

Florist Cilacap mengatakan...

terimakasih,saya akan pakai sub domain apa bisa dipasang satu domain?

belajar buat website yang bagus mengatakan...

Memang sulit sekali menemukan domain yang benar-benar pas gan, paling bisa menambahkan angka di belakang domain tapi jadinya kurang bagus untuk dibaca, trims informasinya gan , salam kenal

Posting Komentar

Blog Archive

Buku Tamu

Ada kesalahan di dalam gadget ini