Kamis, 13 Agustus 2009

Cara Follow Up Prospek Melalui Email dengan Autoresponder

follow up email Jika anda melakukan persiapan memulai bisnis online tentu anda tidak lupa untuk membuat autoresponder. Seperti saya jelaskan sebelumnya fungsi autoresponder adalah untuk melakukan follow up kepada prospek melalui email. Pengunjung yang sudah melihat sales letter pada halaman website anda merupakan calon pembeli potensial. Agar pengunjung tidak lupa dengan produk yanng anda tawarkan maka tidak ada jalan lain kecuali dengan terus menjaga hubungan anda dengan mereka. Cara yang cukup efektif bisa dilakukan dengan melakukan follow up melalui email dengan bantuan autoresponder. Untuk membuat pengunjung bersedia memberikan alamat emailnya bisa dilakukan dengan memberikan tawaran ebook gratis atau ezine gratis. Setelah itu anda cukup mempersiapkan email yang akan dikirimkan kepada prospek secara berkala. Berikut ini cara menyiapkan email follow up.
  • Email pertama berisi konfirmasi. Ini adalah prosedur standar dari autoresponder. Setiap orang yang memasukkan emailnya akan dikirimi email konfirmasi kesediaan untuk menerima email secara berkala dari autoresponder. Prospek diharuskan membuka link konfirmasi berlangganan email autoresponder. Hal ini tentu dimaksudkan untuk mencegah terjadinya spamming.
  • Email kedua berisi link download ebook gratis yamg anda tawarkan. Atau bagi yang menggunakan ezine bisa langsung mengirimkan artikel gratisnya. Email ini dikirimkan setelah link konfirmasi berlangganan autoresponder di buka.
  • Email ke-3 dikirimkan satu hari setelah email terakhir. Anda bisa memasukkan ebook gratis lagi dan mulai memperkenalkan bisnis anda.
  • Email ke-4 dikirimkan dua hari kemudian. Berikan penjelasan tentang bisnis anda dan cantumkan keuntungan dan manfaat yang diperoleh oleh prospek.
  • Email ke-5 dikirim dua hari setelahnya. Tambahkan lagi daftar manfaat dari produk bisnis online anda. Jangan lupa ingatkan untuk segera mendaftar dan janjikan bonus tambahan jika mereka segera mendaftar.
  • Email ke-6 dikirimkan empat hari kemudian sesudah email terakhir. Jelaskan lagi kelebihan produk anda yang lebih detail.
  • Email ke-7 dikirim seminggu kemudian. Coba anda tawarkan produk lain yang anda punya. Barangkali prospek belum membutuhkan produk yang pertama anda namun tidak menutup kemungkinan si prospek membutuhkan produk yang terakhir anda tawarkan.
  • Email ke-8 dst bisa anda atur untuk menjelaskan manfaat produk kedua yang anda tawarkan.
Cara lain adalah dengan memasukkan link artikel terbaru yang anda posting di blog anda. Tapi jangan lupa blog anda harus berisi artikel yang terkait dengan jenis bisnis anda. Jangan lupa mencantumkan link website bisnis anda pada bagian bawah sebagai signature email. Terkadang prospek memutuskan untuk membeli setelah mendapatkan follow up hingga berkali-kali. Pastikan bahwa mereka selalu terhubung dengan anda.

6 komentar:

Odoy mengatakan...

Wow artikelnya menarik.

Blog Dofollow Indonesia mengatakan...

thanks artikelnya mas, ini yang sedang saya cari-cari, pengen buat e-mail follow up yang efektif biar bisa memaksimalkan autoresponder, sukses untuk anda

Top Review 18ribu.com mengatakan...

Artikel yang sangat bermanfaat...Bisnis yang saya jalankan berjalan cukup lancar, banyak yang sudah mendaftar tapi saya bingung bagaimana cara memfollow up mereka secara continiou agar mereka yakin. Makasih

Vincent Kristiagung mengatakan...

Memang benar, menjaring prospek ke autoresponder saja tidaklah cukup. Harus ada langkah yang benar pada saat kita melakukan follow up prospeknya juga. Bahkan jangan lupa melakukan tes ukur. .

E-mail ke 7 yang paling saya suka :), dengan autoresponder kita bisa menawarkan produk kita yang lain ke prospek. karena kita tahu biasanya hanya "sekian" persen saja yang membeli produk kita dari jumlah total subcriber autoresponder kita yang julahnya berjibun. Apa salahnya menawarkan produk yang lain? :p

toko bunga purwokerto mengatakan...

Terimakasih telah berbagi

Ilmu website mengatakan...

ruar biasa gan tutorial tentang autorespoder untuk menangkap prospeknya,mak nyus...

Posting Komentar

Blog Archive

Buku Tamu

Ada kesalahan di dalam gadget ini