Sabtu, 08 Agustus 2009

Tips Sexy Mempercantik Tampilan Blog

blog cantikBanyak cara bisa dipakai untuk mempercantik tampilan blog kita. Jika pada postingan sebelumnya saya membahas cara membuat blogroll untuk mengubah tampilan blog kita menjadi beda. Untuk kali ini saya akan memberikan tips mempercantik tampilan blog dengan code javascript. Bagi anda pengguna blogspot tentu anda sudah tahu kegunaan widget HTML/Javascript. Jika belum widget ini berguna untuk menambahkan code HTML dan Javascript ke dalam blogspot. Tapi sebenarnya ada cara lain untuk menambahkan code javascript kedalam blogspot tanpa melalui widget. Inilah langkah yang harus dilakukan:
  • Siapkan code javascript yang ingin ditambahkan. Misal jika anda ingin menyapa setiap pengujung yang datang ke blog anda bisa menggunakan code dibawah ini.
    window.alert("Selamat Datang");
  • Simpanlah code javascript tersebut dalam bentuk gif. Caranya buka code javascript dengan program editor "notepad". Klik "Save as" dan simpan dengan nama "namafile.gif".
  • Jika anda punya hosting sendiri file tersebut bisa langsung diupload. Namun jika menggunakan alamat blogspot.com silakan buka "http://freeimagehosting.net" lalu upload file tersebut.
  • Selanjutnya catat "direct link image" dari file yang anda upload tersebut, misal: "http://namadomainanda.com/namafile.gif" atau "http://freeimagehosting.net/upload/23322323.gif".
  • Selanjutnya login ke account blogspot anda.
  • Masuk ke menu "Tata Letak" => "Edit HTML".
  • Letakan code berikut diantara tag <head>.
    <script src="http://freeimagehosting.net/upload/23322323.gif"></script>
    </head>
    Text warna merah adalah code yang harus ditambahkan. Sedangkan text warna biru adalah link image code javascript yang tadi sudah anda upload.
  • Setelah ditambahkan code diatas lalu simpan lagi.
Trik diatas bisa digunakan untuk menambahkan code javascript yang cukup besar. Dengan cara ini anda bisa lebih mudah memodifikasi code javascript cukup dengan mengedit filenya saja. Bagaimana? Anda sudah punya ide untuk menggunakan trik ini untuk mempercantik tampilan blog anda.

4 komentar:

sekedar berbagi mengatakan...

thanks info nya !

agen tiket pesawat bandung mengatakan...

salam perkenalan > tiket online

C3C3P mengatakan...

mksh gan info'a sngat berguna bwanget gan,,,,

toko bunga wonosobo mengatakan...

Kadang blog tambah cantik tapi tambah berat

Posting Komentar

Blog Archive

Buku Tamu